6 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Belanda Selain ke Amsterdam

6 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Belanda Selain ke Amsterdam

Belanda merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki luas sangat terbatas dan terletak di bawah permukaan laut. Oleh karenanya, setiap tahunnya, Pemerintah Belanda selalu mengupayakan agar benteng air laut yang melindungi wilayah negara tetap kokoh.

Terlepas dari masalah dinding penahan air tersebut, Belanda memiliki banyak kota yang masing-masing juga sangat layak untuk dikunjungi karena menawarkan berbagai hal menarik bagi para turis atau pelancong yang datang.

Lihat juga : 7 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Datangi Saat Berkunjung ke Swiss

Nah, berikut ini adalah kota-kota menarik yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Belanda

Haarlem

Haarlem merupakan salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Belanda. Di tempat ini banyak bangunan atau tempat bersejarah yang dipadu dengan atraksi budaya setempat serta pemandangan alamnya yang terkesan seperti sebuah permata yang masih tersembunyi. Dikarenakan hal itu, tidak heran kenapa Haarlem benar-benar merupakan surga bagi para pelancong. Ada banyak hal yang dapat membuat para pengunjung merasa betah di kota ini, seperti Grote Markt, Molen de Adriaan, Frans Hals Museum, de Gouden Straatjes sampai dengan Bloemendaal.

Volendam

Volendam adalah sebuah kota kecil di Provinsi North Holland yang didiami sekitar 22 ribu jiwa (per bulan November 2007). Atraksi popular untuk turis di Volendam adalah masih banyaknya masyarakat di kota tersebut yang mengenakan pakaian adat Volendam lengkap atau juga baju-baju tradisional Belanda zaman dahulu. Tidak hanya itu saja, di kota tersebut juga masih menggunakan sistem pencarian ikan secara tradisional yang terus dipertahankan dan dilakukan sampai sekarang.

Giethoorn

Nah, kota satu ini pastinya banyak yang sudah mengetahui atau setidaknya pernah melihatnya di televisi, media cetak atau di internet. Ya, Giethoorn adalah salah satu kota wisata yang sangat populer di Belanda karena di kota tersebut alat transportasi utamanya adalah perahu atau sampan kecil. Dikarenakan hal itulah, Giethoon kerap dijuluki Little Venice atau Venice of the Netherlands.

Maastricht

Maastricht merupakan sebuah kota yang terletak di sebelah tenggara dari Belanda. Kota satu ini merupakan kota terbesar di Provinsi Limburg yang mana dibangun sejak masa Kekaisaran Romawi. Kota ini sempat menjadi daerah pertahanan pada abad ke-16 dan kemudian berganti menjadi kota industri di abad ke-19. Sekarang ini, Maastricht menjadi sebuah kota budaya dan penghubung setiap daerah di Belanda.

Zutphen

Zutphen adalah kita kecil yang terletak sekitar 30 kilometer di sebelah timur laut Arnhem dan berada di sebelah timur pusat Sungai Ijessel. Zutphen masuk dalam wilayah Provinsi Gelderland yang pada tahun 2005 lalu wailayahnya digabung dengan Warnsveld. Dikarenakan di Zutphen ini banyak berdiri bangunan-bangunan tua dengan menara, maka terkadang kota tersebut dikenal dengan sebutan kota menara. Uniknya, banyak bangunan-bangunan kuno yang didirikan sejak ratusan tahun lalu masih berdiri kokoh dan terawat sampai sekarang.

Hulshorst

Hulshorst adalah sebuah desa yang berada di wilayah kotamadya Nunspeet di provinsi Gelderland. Luas wilayahnya sangat kecil dan tak heran jika pada tanggal 1 Januari 2006 lalu, jumlah penduduk di Hulshorst hanya mencapai 1.988 jiwa saja. Daerah ini terletak di sebelah selatan Nunspeet dan sebelah utara dari Hardeewijk dan Hierden. Seperti halnya kota-kota lain di Belanda pada umumnya, di Hulshorst juga banyak terdapat bangunan-bangunan kuno yang memiliki sejarah panjang dan masih berdiri kokoh serta terawat atau bahkan masih digunakan untuk hal tertentu saat ini.

COMMENTS